Tag

, ,

Maryam Mah Kapok

Judul: Maryam Mah Kapok
Pengarang: Asma Nadia, Boim Lebon, dkk.
Jumlah halaman: 326 halaman
Cetakan: Pertama, Maret 2010
Penerbit: AsmaNadia Publishing House
ISBN: 978-979-19154-7-2

Apa jadinya jika Asma Nadia menghimpun beberapa penulis untuk menuangkan tulisan ngocol mereka soal tokoh bernama Maryamah? Judul buku ini tidak lain merupakan judul versi parodi dari novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Tidak hanya satu, tetapi beberapa Maryamah sekaligus dikisahkan di buku ini. Masing-masing penulis berkisah dengan kocak sesuai dengan gaya mereka. Tidak  heran jika usai membaca buku ini, saya pun urung bersedih. Seolah inilah kekuatan buku ini, sedih jauh-jauh deh! Cocoklah dijadikan kado bagi teman, saudara, adik/kakak yang bersedih atau sedang patah hati.

Kekonyolan tokoh Maryamah yang diperkenalkan sejak cerita pertama berhasil membuat saya tertawa terpingkal. Maryamah si ratu mercon yang usil dan jahil nyaris membuat tokoh lain di sekitarnya ‘takluk’. Namun, bukan berarti hobinya bermain mercon itu tak bermanfaat. Ia justru dianggap menolong persalinan kakak iparnya dan karena ulahnya, timbulah inspirasi nama keren untuk si putri pertama, Maryamah Molotov.

Beberapa karakter Maryamah di buku ini saya akui kocak dan berwarna, namun belum seberwarna karya Asma Nadia sebelumnya, kisah Aisyah Putri, misalnya. Bisa jadi karena buku ini ditulis bersama, jadilah, rasa nano-nano-nya pun kental terasa.

Meski secara keseluruhan saya suka membaca buku ini, tetap saja saya merasa ada yang kurang greget. Misalnya tokoh Maryamah kapster. Dikisahkan si Maryamah menjadi kapster (tukang potong rambut, red.) yang baik hati. Meski pada awalnya ragu, Maryamah tetap menerima tawaran menjadi kapster. Sisi-sisi baik hati, polos, dan cenderung telat mikir si tokoh disampaikan terlalu banyak, sehingga kurang ada kejutan bagi pembaca.

Untuk membuktikan serunya kesemua karakter Maryamah, silakan membaca sendiri buku bersampul perempuan yang membawa sudip dan wajan bernama Mpok Siti ini, ya. 😉

Iklan