Tag

, , , , , , , , ,

Plain Truth (2004)

Plain Truth (2004)

credit

Judul film: Plain Truth
Sutradara: Paul Shapiro
Genre: drama, misteri, kriminal
Produksi: Canadian Film, Muse Entertainment Enterprises, Nova Scotia Film Industry Tax Credit
Tahun rilis: Oktober 2004 (Amerika Serikat)
Durasi: 90 menit

Sebuah farmland milik keluarga Amish di Lancaster County, Pennsylvania, geger karena ditemukannya mayat bayi baru lahir. Peristiwa ini kontan melibatkan polisi. Seorang detektif, Lisa Munro (Laura Leigh Hughes), melakukan pengumpulan bukti dan saksi. Ia mencurigai salah seorang anggota keluarga Fitch terlibat dalam kasus ini, Katie Fitch (Alison Pill), anak perempuan keluarga Fitch yang terpergok mengalami pendarahan. Sementara Katie dilarikan ke rumah sakit, sang ibu, Sarah Fitch (Kate Trotter) tidak tinggal diam. Ia bertemu seorang sahabatnya, Leda (Catherine Disher) untuk meminta bantuan. Jerat hukum tentu mengancam Katie jika ia memang terbukti melakukan pembunuhan terhadap bayinya tersebut.

Leda segera menghubungi salah satu pengacara kenalannya, Ellie Harisson (Mariska Hargitay). Pada awalnya Ellie menolak permintaan tersebut karena selama ini ia khusus menangani kasus kejahatan kerah putih. Namun, setelah Katie dijemput paksa oleh polisi di rumah sakit dan ibunya menelepon meminta bantuan, Ellie pun luluh dan menyanggupi untuk menjadi pendamping hukum Katie Fitch.

Ellie muncul di persidangan pertama Katie. Setelahnya, ia meminta kepada dewan hakim untuk melakukan penelusuran bukti guna melakukan tugasnya sebagai pembela. Ia pun diberi kesempatan dan tinggal sementara di farmland keluarga Fitch.

Penelusuran dilakukan. Nyatanya, membongkar kebenaran tak selamanya berjalan mulus. Sikap Tuan Aaron Fitch (Jan Niklas) yang tertutup dan kaku, juga Katie yang seolah tidak mau bekerja sama dengan Ellie memperumit keadaan. Setiap kali informasi dikorek, yang dilakukan Katie adalah menyangkalnya, terus-menerus begitu. Katie selalu menyatakan dirinya tidak hamil. Hal ini membuat Ellie makin penasaran. Ia pun meminta bantuan Cooper (Jonathan LaPaglia), seorang temannya yang berprofesi sebagai psikiater, sekadar membuktikan bahwa yang disampaikan Katie bukan kebohongan.

Kesempatan memperoleh bukti baru terbuka ketika seorang pemuda, Jacob Fitch (Alec McClure), datang ke farmland tersebut. Jacob adalah kakak Katie, tetapi anehnya Tuan Fitch tidak mengakuinya sebagai anak semenjak Hanna Fitch, saudara perempuannya, meninggal karena tenggelam.

Kehadiran Jacob tidak disiakan Ellie. Dari pengakuan Jacob, diperoleh bukti bahwa Katie sering menjenguk Jacob di sekolah. Disusul kemudian dengan penemuan bukti foto Katie bersama seorang pemuda asing. Dari situlah kemudian muncul nama Adam Sinclair (Christopher Ralph), teman Jacob yang berkenalan dengan Katie di sebuah pesta perayaan Thanksgiving.

Jadi, sebenarnya siapa Adam Sinclair? Mengapa Katie terus menerus menyangkal bahwa dirinya hamil? Lalu, siapa sebenarnya yang melakukan rencana pembunuhan bayi tersebut dan bagaimana kelanjutan nasib Katie? Apakah komunitas Amish akan tetap menerimanya?

Well, menonton film berdurasi satu setengah jam ini membuat saya mengerutkan kening berkali-kali. Ya, film bernuansa misteri selalu begitu; demikian juga dengan Plain Truth. Film yang diangkat dari sebuah novel karya Jodi Picoult ini membuat saya menikmati detail penyelidikan dan pendekatan yang dilakukan seorang pendamping hukum demi melindungi klien-nya.

Sayangnya, saya tidak bisa memberikan nilai tinggi untuk film peraih DGC Craft Award tahun 2005 ini. Hm, dari angka 1 sampai 10… 6,5 sepertinya cukup menggambarkan betapa ‘plain’—datar alur cerita Plain Truth. Satu-satunya yang melonjak adalah pelintiran alias twist di akhir cerita. Saya sendiri tercengang melihatnya. So, adakah yang tertarik dan ingin tercengang? Tonton sendiri deh movie-nya! Happy watching, Pals! 😀

PS: diposting ulang dari Ulasan Film: Plain Truth

Iklan