Tag

, , , , , , , , , ,

Despicable Mecredit

Judul film: Despicable Me
Sutradara: Pierre Coffin dan Chris Renaud
Genre: animasi, komedi, keluarga
Produksi: Universal Pictures, Illumination Entertainment
Tahun rilis: Juli 2010 (Amerika Serikat)
Durasi: 95 menit

Dunia gempar dengan hilangnya piramida Giza dari situsnya di Mesir. Berita ini terdengar pula oleh Gru, seorang penjahat spesialis. Aksinya untuk mencuri landmark selama ini belum membuahkan hasil yang memuaskan. Namun, ia belum juga ingin berhenti bermimpi. Ia masih menyimpan impian untuk bisa mencuri bulan.Ya, BULAN, satu-satunya satelit alam bumi! Oleh karena itu, ia pun datang ke Bank Kejahatan untuk mengajukan kredit. Modal itu akan ia gunakan untuk membiayai riset dan membangun roket. Sayang, pihak bank tak begitu saja memenuhi permohonannya.

“Masih banyak di luar sana yang jauh lebih ‘lapar’ dan lebih ketimbang kau, Gru,” demikian alasan Mr. Perkins, si kepala bank.

Satu di antara penjahat yang dimaksud oleh Mr. Perkins adalah Vector—pemuda berkacamata yang dijumpai Gru di ruang tunggu bank. Rupanya Vector inilah yang tempo hari berhasil mencuri piramida Giza. Jadilah, Gru pulang dengan tangan kosong, tetapi ia belum mau menyerah. Ia mengincar laboratorium pengujian senjata pengecil dan menyusun rencana pencurian. Dengan senjata pengecil di tangannya, ia berharap bisa meyakinkan pihak bank sekali lagi untuk mendapatkan pinjaman modal.

Di hari H pencurian, rencana Gru hampir berhasil. Namun, sayang sekali, Vector berhasil merampas senjata pengecil itu. Apa akal Gru selanjutnya? Ia berusaha mati-matian menerobos markas Vector … dan akhirnya, gagal! Susah sekali ternyata menerobos markas Vector. Perangkap berlapis menyelubungi tempat itu. Ia kalah telak.

Di saat ia tersungkur, secara tak sengaja Gru melihat tiga orang gadis kecil penjaja kue berhasil memasuki markas Vector tanpa cedera. Mereka adalah Margo, Edith, dan Agnes. Ketiganya tinggal di sebuah panti asuhan. Akal licik Gru pun muncul. Ia meminta Dr. Nefario (pemimpin riset di laboratorium rahasianya) untuk menyiapkan robot kue. Di samping itu, Gru menyiapkan rencana adopsi ketiga gadis kecil tersebut.

Tak sulit untuk meyakinkan Mrs. Hattie (kepala panti asuhan) dan memboyong Margo, Edith, dan Agnes ke rumah Gru. Yang lebih sulit justru berurusan dengan ketiga anak asuh baru si Gru. Banyak hal bertabrakan yang terjadi. Mulai sikap kaku dan watak Gru yang terbentuk menjadi jahat karena salah asuh, hingga kenakalan khas anak-anak. Apa yang terjadi selanjutnya? Mampukah Gru merebut senjata pengecil dari tangan Vector? Bisakah Gru mewujudkan mimpinya mencuri bulan? Lalu, bagaimana kelanjutan kisah Gru menjadi ayah bagi ketiga anak barunya? Silakan simak langsung film keluarga nan kocak ini. 😉

Ketetarikan saya terhadap film animasi ini pada awalnya hanya karena melihat karakter Minion yang menggemaskan. Berwarna kuning dengan celana monyet dan mirip kue kroket, bukankah itu menggemaskan? Hehehe. 😀

Satu hal yang membuat saya penasaran adalah kira-kira mengapa film ini diberi judul “Despicable Me” (despicable = patut dibenci)? Bagian mana yang harus saya benci dari pasukan Minion yang lucu begitu? Well, begitu menonton film ini hingga akhir, saya tahu bagaimana rasanya memasuki kehidupan jahat Gru. Meski demikian, bukan berarti sepenuhnya jahat. Polah para Minion yang usil satu sama lain dan kehadiran ketiga gadis kecil di sekitar Gru justru menghidupkan jalan cerita dalam film ini.

Saya juga bisa menarik dua hal penting lain. Pertama, saya mencermati Gru. Karakternya yang “terbentuk jahat”, adalah bagian dari pola asuh si ibu yang kurang perhatian pada masa kecilnya. Itu menjadi bahan introspeksi tersendiri bagi emak wannabe macam saya. Kedua, saya mencermati efek tingkah polos dan seringkali “nakal” dari ketiga anak baru Gru. Bagaimanapun, anak-anak punya cara mengikis kejahatan Gru.

Mulai penasaran? Silakan tonton film yang behasil memenangkan 4 buah penghargaan dan 31 nominasi penghargaan perfilman, salah satunya Golden Globes tahun 2011 untuk kategori Best Animated Film ini. At last, 8 dari 10 bintang saya apresiasikan untuk Desicable Me. So, any question? Of course not! Hahaha. Happy watching, Pals! 😉

 

Iklan