Tag

, , , , , , , , , , ,

Sejak awalnya, saya sudah tertegun mendengarkan Usah Kau Lara Sendiri (dirilis sekitar tahun 1996). Kala itu saya masih duduk di bangku kelas 6 SD. Kesan yang saya tangkap: easy listening, tetapi mendalam, khas sekali Katon Bagaskara. Sebelumnya saya mengenal beliau dari lagu Yogyakarta dan Negeri di Awan (OST serial Anak Seribu Pulau). Yang membuat saya suka dengan lagu ini adalah pesan persahabatan dalam liriknya.

Kulihat mendung menghalangi pancaran wajahmu
Tak terbiasa kudapati terdiam mendura
Apa gerangan bergemuruh di ruang benakmu?
Sekilas galau mata ingin berbagi cerita

Kudatang Sahabat bagi jiwa
Saat batin merintih
Usah kau lara sendiri
Masih ada asa tersisa 

Reff:
Letakkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan sana cahya kecil tuk memandu
Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

Sekali sempat kau mengeluh, “Kuatkah bertahan?”
Satu per satu jalinan kawan beranjak menjauh

Kudatang Sahabat bagi jiwa
Saat batin merintih
Usah kau lara sendiri
Masih ada asa tersisa

Reff:
Letakkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan sana cahya kecil tuk memandu
Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

 

Lagu yang diciptakan oleh Katon Bagaskara dan dibawakan bersama Ruth Sahanaya ini merupakan bagian proyek kemanusiaan peduli HIV/AIDS bernama Act Against AIDS Asia 1995. Proyek ini digagas oleh AMUSE INC. Jepang. Tujuan dari proyek ini adalah menggalang dana untuk penanganan HIV/AIDS di Asia. Original theme song dari proyek ini berjudul Kisseki No Hoshi (bergenre reggae) karya musisi Jepang Keisuke Kuwata.

Karena Aquarius Musikindo berpartisipasi dalam proyek ini, maka perusahaan musik ini diberi kepercayaan untuk merilis lagu tersebut di Indonesia. Dengan menggandeng Erwin Gutawa, dilakukanlah aransemen ulang Kisseki No Hoshi dan jadilah Usah Kau Lara Sendiri yang bergenre slow pop disesuaikan dengan lirik yang ditulis oleh Katon.

Setelah Usah Kau Lara Sendiri dirilis, tanggapan penikmat musik di Indonesia sangat baik. Katon feat. Uthe dalam aransemen Erwin Gutawa … hmm, betapa menyentuh hati. Lagu kampanye peduli HIV/AIDS ini bahkan menjadi salah satu yang hits kala itu dan masuk dalam album kompilasi Hits of the Year 2.

… dan, karena hari ini tepat tanggal 1 Desember; mari sejenak mendengarkan kembali pesan persahabatan dari Usah Kau Lara Sendiri agar kita ingat bahwa tak semestinya penyandang HIV/AIDS dikucilkan karena penyakit mereka. Meskipun ada pemikiran dalam masyarakat bahwa penderita HIV/AIDS terkait erat dengan perilaku menyimpang, entah itu seks bebas atau juga penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang; tetapi perlu kita ingat pula, banyak penderita berada dalam kondisi ‘tak bisa memilih’ dan ‘harus menerima kenyataan’ bahwa mereka terlahir dengan HIV/AIDS.

Selamat Hari AIDS sedunia. Sudah saatnya kita peduli, memberi support, bukan lagi mengucilkan mereka.