Tag

, , , , , ,

How to Master Vocabulary for Daily Conversation (complete version)Judul: How to Master Vocabulary for Daily Conversation (Complete Version)
Penyusun: Hani Sutrisno
Penyusun: Dita Surwanti
Tebal: 556 + xii hlm
Cetakan: Pertama, 2015
Penerbit: Indonesia Tera
ISBN: 978-979-775-267-5

Salah satu hal yang sangat penting ketika berbicara bahasa Inggris adalah penguasaan kosakata. Berapa banyak kosakata yang sudah Anda hafal dan bagaimana cara menghafalnya dengan mudah?

Buku ini menjadi solusi dalam menghafalkan kosakata bahasa Inggris secara cepat, tepat, dan efektif. Dalam buku ini mengombinasikan antara menghafal vocabulary dan mengaplikasikan dalam percakapan. Dengan metode ini, dipastikan Anda akan cepat menghafal dan memiliki perbendaharaan kosakata yang lebih banyak.

Rasanya senang saat saya membaca dua alinea blurb buku How to Master Vocabulary for Daily Conversation (Complete Version). Pagi itu saya dalam perjalanan menuju Desa Bahasa Borobudur, Magelang. Sepanjang perjalanan itu, dalam hati bertanya, apa saya akan berkesempatan mengulang  level dua kelas conversation? Level dua, ah, lumayanlah, tidak terlalu gagap. Paling tidak kalau diminta untuk self introduction atau menjelaskan arah, saya masih bisa. Sayangnya, saat kelas berakhir beberapa tahun lalu, lha kok kemampuan speaking English saya menurun? Sedih.

Saat saya berjumpa dengan Mr Hani Sutrisno, penyusun buku ini sekaligus founder Desa Bahasa Borobudur, saya akhirnya mengerti. Selama ini saya masih menggunakan metode belajar yang itu-itu saja, tidak cukup fun, sehingga wajar jika kosakata saya hanya dari situ ke sinu saja. Kisah lengkap jumpa Mr Hani selengkapnya bisa ditengok di Sehari Bersama Indonesia Tera di Desa Bahasa Borobudur.

Oke, kembali ke buku. Apa yang membuat buku ini berbeda dengan buku tips berbahasa Inggris lain? Pengemasannya. Ukuran buku, meski tebal, tidak terlalu besar untuk digenggam. Sampul dan warnanya sederhana dan eye catching. Kertas isinya termasuk ringan sehingga tidak memberati jika harus dibawa-bawa.

Dari segi isi, buku ini tidak saja menyajikan kosakata harian, tetapi juga menambahkan contoh pemakaian kalimat, serta menyisipkan tips dan trik bagaimana hingga mahir mengucapkannya. Beberapa tips sederhana bahkan bisa jadi luput dari perhatian kita. Seperti misalnya menambah 2–5 kata baru setiap hari; mengulang-ulang pengucapan secara refleks (di depan cermin) dengan suara lantang dan percaya diri.

It’s important to study English every day. However, don’t exaggerate! Study for twenty minutes every day.

Sangat penting untuk belajar bahasa Inggris setiap hari. Namun, jangan berlebihan! Belajarlah selama dua puluh menit setiap hari.

(Desa Bahasa) – hlm. 28

Lalu bagaimana dengan pronunciation? Biasanya yang membuat belajar berbahasa asing terasa canggung atau aneh adalah ketika kita sampai pada tahap melafalkan. Seringkali kita jadi ragu atau malu. Namanya juga berbahasa, berkomunikasi, malah lebih aneh jika tidak melakukan praktik. Jangan khawatir, dalam buku ini dilengkapi dengan cara melafal. Mana padu padan huruf yang dibaca -ai, -ei, -ais, semua ada. Pelafalan bukan lagi masalah besar. Yang menjadi masalah besar justru jika kita takut salah, lalu memilh untuk berhenti belajar. Iya, kan?

O ya, kalau ada di antara Sahabat tertarik belajar conversation in English secara mudah dan fun, bisa pesan bukunya ke Indonesia Tera, atau liburan 6 hari ke Desa Bahasa Borobudur. So? It’s time to begin mastering English, Guys! 😉

Iklan