Tag

, , , , , , , , ,

Judul film: Detective K: Secret of the Living Dead / Detective K: Secret of the Bloodsucking Demon
Sutradara: Kim Suk-Yoon
Produser: Ahn Mong-Sik, Lee Sun-Mi
Distributor: Showbox
Genre: misteri, komedi, petualangan
Tanggal rilis: 8 Februari 2018 (Korea Selatan)
Durasi: 120 menit

Kala itu tahun 1789. Masyarakat Pulau Ganghwa gempar. Seorang penjaga Balai Kota bernama Hong Tae-Moon meninggal secara misterius di pelataran Pondok Yeon-Mi. Choi Jae-Hee (Kim Jung-Hwa), putri tertua pemilik pondok, datang ke Hanyang  menemui Detektif Kim (Kim Myung-Min) dan memintanya untuk memecahkan misteri tersebut.

Detektif Kim datang memenuhi permintaan bersama pelayannya, Seo-Pil (Oh Dal-Su), tepat tiga hari setelah kejadian. Malam harinya terjadi lagi peristiwa serupa. Korban selanjutnya bernama Song Pil-Geun. Mayatnya ditemukan dalam kondisi hangus terbakar. Anehnya saksi mata mengatakan tak dapat melihat api yang membakar si korban.

Saat mencari bukti-bukti, Detektif Kim mendapati dua lubang di leher dan sebuah mata panah bersimbol—Yeom (berarti “ternoda”)bersarang di mayat Song Pil-Geun. Arti dari simbol tersebut menurut ia terkait dengan “warna”. Berbekal petunjuk tersebut, esok harinya ia berbagi tugas dengan Seo-Pil untuk mengumpulkan bukti. Ia pergi ke rumah pewarna, sementara Seo-Pil ke tempat pelukis. Ketika penelusuran Detektif Kim sampai ke tempat Ha Byung-Eun (pemilik rumah pewarna tekstil), tanpa sengaja ia berjumpa dengan seorang gadis cantik (Kim Ji-Won). 

Perjumpaan Detektif Kim dengan gadis tersebut bukanlah kali pertama. Beberapa waktu sebelumnya, Detektif Kim pernah tanpa sengaja berurusan dengan ia. Lantaran kekuatan si gadis yang di luar nalar, Detektif Kim memilih untuk menghindar. Keanehan yang mereka jumpai tersebut membuat Detektif Kim dan Seo-Pil berpikir bahwa si gadis masih ada kaitannya dengan kejadian kematian berantai di Pulau Ganghwa.

Belum selesai Detektif Kim mengumpulkan bukti, insiden pembunuhan serupa terjadi kembali, tepat di depan mata. Seorang pria misterius berjubah hitam muncul. Ia terlihat melayang sembari mengisap darah Ha Byung-Eun. Tak berapa lama si korban tewas terbakar setelah pria misterius tersebut melontarkan panah ke tubuhnya. Tak salah lagi, dialah vampir yang selama ini dicari oleh Detektif Kim.

Lantaran penasaran, Detektif Kim mengejar pria misterius itu. Pertarungan tak terelakkan. Sayang, di tengah adu kekuatan tak seimbang, Detektif Kim terkena lontaran panah dari si vampir. Beruntung, nasib baik masih berpihak pada Detektif Kim. Si gadis berhasil membawa Detektif Kim kembali ke Pondok Yeon-Mi dalam kondisi selamat.

***

“Kekuatan tak seimbang” menjadi bahan pemikirian Detektif Kim. Yang ia hadapi bukan bangsa manusia. Ia pun bernegosiasi dengan si gadis misterius dan berujung pada kesepakatan bahwa mereka akan saling bantu. Si gadis—diberi nama Wol-Young oleh Detektif Kim—itupun menyamar bersama demi menemukan petunjuk selanjutnya.

Malam harinya saat mereka bertiga mampir ke sebuah kedai. Sembari mengobrol  Detektif Kim berusaha membaca simbol pada mata panah yang tertancap di tubuh Ha Byung-Eun. “A-gyo”, demikian Detektif Kim menerjemahkan simbol tersebut. Menurutnya itu berkaitan dengan “jagal”. Sayang, belum sempat meyakinkan diri bahwa petunjuk itu benar; tiba-tiba saja mereka bertiga diserang oleh segerombolan preman.

Bagaimana kisah selanjutnya? Berhasilkah Detektif Kim mengungkap misteri bangkitnya vampir yang menggemparkan Pulau Ganghwa? Lalu, siapa sebenarnya gerombolan preman yang tba-tba menyerang mereka? Siapa pula sebenarnya Wol-Young? Benarkah ia terkait dengan misteri kematian berantai di Pulau Ganghwa? Sebelum menonton, ada baiknya Sahabat lihat dulu trailer-nya.

***

Pendapat saya tentang film ini … hmm, ini adalah film Detective K ketiga yang saya tonton; hanya saja dua film sebelumnya yang rilis berturut pada tahun 2011 dan 2015 belum sempat saya tulis review-nya. Semoga di kesempatan lain memungkinkan.

O ya, di film ketiga ini sentuhan komedi perpaduan akting Kim Myung-Min dan Oh Dal-Su masih saja berhasil membangun atmosfer yang khas sekali Detektif K. Saya bukan tidak terima. Saya hanya merasa gemas atas polah kedua aktor tersebut. Mau seperti apapun kisah misteri yang disuguhkan, saya tetap dapat merasakan segarnya humor. Ditambah lagi penampilan si cantik Kim Ji-Won dalam balutan hanbok; aduhai, bukan saja Detektif Kim yang kepincut, saya juga ikut kepincut. Mungkin karena ini pertama kalinya saya melihat Kim Ji-Won berakting dalam balutan hanbok, ya. Sudah barang tentu, wajahnya yang cantik semakin anggun. *acungi jempol

Saya merasa beruntung dapat menonton film ini tidak lama setelah tanggal rilisnya. Dua film Detektif K sebelumnya saya tonton jauh setelah rilis. Bahkan saya menonton film kedua, baru kemudian mencari tahu film pertama. Karena menurut saya lumayan lucu, pada akhirnya saya berharap setiap tahun ada film Detektif K yang rilis. Hahaha memangnya bikin film segampang khayalan saya? Ckckck … tapi, teteup ya, semoga nanti akan ada lagi film keempat. I do hope so. Well, jika dilihat dari pola tahun rilis, sepertinya saya harus menunggu tiga/empat tahun lagi untuk menikmati film Detektif K selanjutnya.

At last, sebagai kesimpulan, boleh dibilang selama ini saya tidak pernah kapok menonton Detective K karena skor saya selalu 7 ke atas. Lumayan lucu, tapi … jangan buru-buru percaya sebelum menonton film ini langsung, ya. 😉

Iklan