Tag

, , , , , , , , , ,

The Recipe, doenjang

credit: AsianWiki

 

Judul film: The Recipe (Doenjang/ 던장)
Sutradara: Lee Seo-Goon
Genre: misteri, makanan
Produser: Kim Jin-Young
Distributor: CJ Entertainment
Tanggal rilis: 21 Oktober 2010 (Korea Selatan)
Durasi: 107 menit

Seorang terpidana mati, Kim Jong-Gu, meminta doenjang jjigae (semacam sup yang terbuat dari fermentasi pasta kedelai) tepat sebelum ia dihukum gantung. Rahasia ini tak terungkap bahkan setelah kematiannya. Beberapa waktu kemudian, petugas penjara yang mengurusi pemberian hukuman mati atas narapidana tersebut menceritakan kisah nyata ini kepada PD Choi Yu-Jin (Ryu Seung-Ryong). Latar belakangnya sebagai produser di sebuah stasiun televisi memberinya ide untuk membuat program dokumenter demi menginvestigasi sebenarnya senikmat apa rasa sup doenjang jjigae yang diminta oleh si terpidana mati tersebut dan rahasia di balik resep masakan tersebut.

Pengumpulan informasi pun dilakukan. PD Choi menemui pemilik kedai doenjang jjigae. Menurut wawancara, sup yang dimakan oleh Kim Jong-Gu pada saat dia ditangkap bukan hasil masakan si pemilik kedai, melainkan seorang perempuan bernama Jang Hye-Jin (Lee Yo-Won). Kala itu Jang Hye-Jin datang untuk tinggal di kedai miliknya selama hampir satu bulan karena tidak memiliki tempat untuk berteduh.

PD Choi berusaha untuk mencari tahu keberadaan Jang Hye-Jin agar program yang dia persiapkan lebih hidup. Karena menurut informasi dari pemilik kedai, Hye-Jin terakhir kali terlihat bersama Direktur Jesang Enterprise, Park Min. Malang, dalam pencariannya ia mendapati bahwa Direktur Park Min meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

PD Choi tak kurang akal. Ia lantas menelusur ke kantor Jesang Enterprise yang dipimpin oleh saudara kembar Park Min, Park Gu. Setelah pada kesempatan pertama PD Choi tidak berhasil menemui Park Gu; beberapa waktu kemudian secara khusus Park Gu menemui PD Choi dan menceritakan duduk perkaranya. 

Park Min telah sejak lama mengalami kehilangan kemampuan membau. Suatu ketika ia tersesat di hutan dan bertemu Hye-Jin yang tengah memasak di dapur sebuah kedai. Aroma doenjang jjigae yang dia buat membangkitkan kemampuan indera pembau Park Min. Perjumpaan itu membuat Park Min kembali ke tempat Hye-Jin. Boleh jadi Park Min jatuh cinta kepada Hye-Jin, namun karena Hye-Jin telah mencintai orang lain, hubungan mereka selanjutnya hanya sebatas berteman. Kisah nyata tersebut dituturkan Park Gu sebagai tanggapan munculnya isu perselingkuhan antara Park Min dan Hye-Jin setelah meninggalnya sang kakak.

Satu pertanyaan terjawab, namun itu justru menyisakan pertanyaan baru di benak PD Choi: jika dilihat dari posisi mereka yang hanya berdua di dalam mobil saat mengalami kejadian nahas, bagaimana mungkin mereka tak punya hubungan istimewa? Ah, insting PD Choi memang tajam! Saya juga merasa ganjil di bagian ini. Jadi, sebenarnya untuk apa mereka pergi berdua? Apakah untuk menemui seseorang? Apakah orang itu adalah orang yang dicintai Hye-Jin? Hmm, daripada kelamaan terjebak penasaran, lebih baik tonton dulu trailer The Recipe berikut ini; siapa tahu ada bagian spoiler-nya. 😛

***

Banyak hal menarik dan misterius saya temui saat menonton The Recipe. Rahasia demi rahasia yang terungkap dalam penelusuran PD Choi berikut serangkaian kejadian tak masuk akal yang ia alami membuat saya berpikir ulang, sebenarnya apa genre film ini? Drama misteri atau lebih ke arah horor? Apalagi saat adegan sampai pada saat PD Choi berjumpa dengan seorang anak kecil yang mengaku dibuatkan topeng oleh seseorang yang disebut Dokkaebi ahjussi (dokkaebi adalah semacam makhluk halus dalam folklore Korea, red.), saya secara sengaja menutup wajah. Iya, bersiap kalau-kalau ada sesuatu yang tak enak dipandang muncul di layar. Maklum setting tempat kejadian memang di hutan, hehehe. Beruntunglah saya, karena ternyata wajah Dokkaebi ahjussi yang dimaksud oleh si bocah adalah Lee Dong-Wook. Kurang handsome gimana coba? 😆

The Recipe juga membuat saya menyaksikan bagaimana proses pembuatan doenjang. Tata urutannya dikisahkan dengan apik dan sederhana. Kesan damai dan bersahaja juga saya tangkap dari latar tempat pembuatan film. Hamparan lahan kedelai, sumber air pegunungan, udara yang hampir boleh dibilang bebas polusi, dan satu lagi … hadirnya kupu-kupu serta tetumbuhan berbunga, betapa membuat saya jatuh hati. Pikiran saya lantas sampai pada kesimpulan bahwa sesuatu yang mampu membuat orang lain feel touched biasanya juga karena dibuat dengan penuh sabar dan ketulusan. Apakah itu seperti cinta dan kesetiaan Hye-Jin dalam membuat doenjang? Ataukah ada rahasia lain dalam resep doenjang jjigae buatan Hye-Jin yang membuat orang lain tak bisa menandingi rasanya? Daripada keterusan penasaran, yuk, temukan semua rahasia itu di film The Recipe! 😀

Iklan