Tag

, , , , , , ,

credit: AsianWiki

credit: AsianWiki

Judul: The Merchant: Gaekju 2015 (장사의 신 – 객주 2015)
Sutradara: Kim Jong-Sun
Genre: drama, sejarah
Stasiun TV: KBS2
Waktu siar: Rabu dan Kamis
Tanggal Rilis: 23 September 2015 s.d. 18 Februari 2016
Jumlah episode: 41 episode

Drama sageuk ini mengisahkan kehidupan para pedagang di masa Joseon. Mengambil cerita inti dari Chunga Gaekju, sebuah perkumpulan pedagang dari kota Song-do, provinsi Gae-seong. Gaekju ini dimiliki oleh Chun Oh-Su (Kim Seung-Su) dan dipimpin oleh Gil Sang-Moon (Lee Won-Jong). Komoditas mereka adalah heuk-choong (teripang kering).

Chunga Gaekju adalah satu-satunya gaekju yang diberi izin untuk masuk ke Chaek-moon-jang-shi, sebuah gelaran festival perdagangan internasional yang digelar di wilayah perbatasan Joseon—Cina. Setelah sebelumnya selama tiga tahun berturut, pasar Chaek-moon dibuka secara terbatas, pada kesempatan itu Chunga Gaekju dapat ikut serta demi memperluas jaringan dagang.

Demi menuju festival tersebut rombongan Chunga Gaekju harus melalui perjalanan berhari-hari menuju Chaek-moon-jang-shi. Sayangnya, karena hujan yang turun selama perjalanan, mereka tidak dapat menyeberangi sebuah sungai yang sedang banjir. Ide muncul dari Gil Sang-Moon. Ia menyarankan agar rombongan mengambil jalan berbatu di pinggir tebing. Karena tidak ada alternatif lain, mereka pun menyepakati ide tersebut, meski itu sangat berisiko.

Berisiko? Ya, jalan tepi tebing sangat sempit, hanya cukup lebar untuk dilewati satu orang. Padahal rombongan membawa banyak sekali barang dagangan. … dan, benar saja, saat melalui jalan itu Chun Bong-Sam (anak kedua Chun Oh-Su, Jo Hyun-Do) terpeleset. Tuan Oh-Su, ketua Gil Sang-Moon, dan anggota rombongan lain berusaha menolongnya. Malang, Tuan Oh-Su malah terjatuh dari tebing dan terpisah dari rombongan.

Di bawah tebing, tiga orang asing tidak sengaja menemukan Chun Oh-Su tergeletak. Mereka adalah Jo Sung-Joon (Kim Myung-Soo)—seorang pedagang kulit lembu dari kota Song-pa—dan  kedua asistennya  Song Man-Chi (Park Sang-Myeon ) dan Bang-Geum (Yang Jeong-A). Oleh ketiganya, Oh-Su dibawa secara diam-diam sehingga anggota Chunga Gaekju lain yang sedang mencari-cari Oh-Su tidak dapat menemukan keberadaannya.

Jo Sung-Joon menyelamatkan Chun Oh-Su bukan tanpa alasan. Ia meminta balas jasa agar ia dapat masuk ke Chaek-moon-jang-shi bersama rombongan Chunga Gaekju. Ia ingin masuk secara ilegal dan menjual kulit lembunya di festival dagang tersebut. Chun Oh-Su keberatan dengan permintaan Jo Sung-Joon. Jika perkara pasar gelap ini diketahui oleh pihak berwenang, pastinya akan membahayakan seluruh rombongan Chunga Gaekju. Keberatan itu ditanggapi Jo Sung-Joon dengan tawaran bagi untung. Mendengar tawaran bagi untung yang cukup besar, ketua Gil Sang-Moon tergiur. Ia lantas mendesak Chun Oh-Su untuk mengambil risiko. Negosiasi alot pun terjadi.

Saat tawar-menawar keuntungan sampai pada kalimat ’30.000 nyang’, Ketua Gil Sang-Moon teringat pada penginapan Chunga Gaekju yang ia jaminkan kepada Kim Hak-Joon (Kim Hak-Cheol), pemilik Hwan-jeon Gaekju sekaligus kakak dari gubernur Gae-seong, Kim Bo-Hyeon. Sayangnya, di luar sepengetahuan Ketua Gil, oleh Gubernur Kim penginapan itu dialihtangankan kepada Shin Suk-Joo (Lee Dok-Hwa )—pemilik Shin Gaekju sekaligus pedagang terbesar di Yook-ei-jeon (pasar utama di Han-yang kala itu).

Bagaimana dengan hasil nego? Apakah Chun Oh-Su tergerak hanya karena untung besar? Tidak, akan tetapi, negosiasi yang tak berjalan sesuai keinginan pihak Jo Sung-Joon itu menyulut emosi Song Man-Chi. Ia lantas mengamuk karenanya. Beruntung, tak seorang pun terluka karena ulah Man-Chi. Karena insiden itu juga, oleh rombongan Chunga Gaekju, mereka ditinggalkan begitu saja dalam posisi diikat.

Sementara rombongan Chunga Gaekju melanjutkan perjalanan, ketiga begundal yang diikat tadi diselamatkan oleh Kim Hak-Joon. Jo Sung-Joon tak melewatkan kesempatan emas itu untuk bernegosiasi. Niatnya untuk masuk ke Chaek-moon-jang-shi sudah bulat. Pada akhirnya ia memang bisa masuk ke festival tersebut setelah ia menyepakati 90% keuntungannya akan diberikan kepada Kim Hak-Joon.

Apa yang terjadi di Festival Chaek-moon-jang-shi? Takdir tak seindah yang diharapkan oleh rombongan Chunga Gaekju. Harga heuk-choong rupanya sedang jatuh. Itu tak lain karena ulah licik Kim Hak-Joon. Hak-Joon lantas menawarkan opium sebagai komoditas kepada Ketua Gil. Malang tak dapat diterka, ulah Gil Sang-Moon tercium aparat dan menyeret serta Chun Oh-Su. Keduanya dihukum mati. Chunga Gaekju terpecah belah.

Apa yang selanjutnya terjadi? Apakah Chunga Gaekju dapat diutuhkan kembali? Bagaimana pula nasib Chun Bong-Sam dan Chun So-Rye (kakak perempuan Bong-Sam), juga Gil So Gae (anak Gil Sang-Moon). Sebelum rasa penasaran kita semakin menjadi, yuk, tonton dulu trailer drama yang diangkat dari novel Gaekju karya Kim Joo-Young dan pernah dimuat di surat kabar harian The Seoul Shinmun pada periode Juni 1979 sampai dengan Februari 1983 ini.

Ketertarikan saya menonton drama ini bermula karena saya suka dengan akting Jang-Hyuk ahjussi (berperan sebagai Chun Bong Sam dewasa). Ia hampir selalu sukses membawakan karakter tokoh utama di drama-drama yang pernah saya tonton sebelumnya. Bukan hanya itu, beberapa pemeran lain yang membangun cerita merupakan wajah-wajah senior yang lama tak saya tak saya jumpai di drama sageuk. Lumayanlah bisa bernostalgia dengan menonton akting mereka setelah sekian lama.

Meski belum dapat menamatkan ke-41 episode The Merchant: Gaekju 2015, sageuk ini membuat saya mulai memahami bagaimana perdagangan dan serikat pedagang berkembang di bumi Joseon. Perjalanan mencari pengalaman Chun Bong-Sam dewasa (Jang-Hyuk) hingga menjadi seorang pedagang besar menjadi tema menarik. Saya seperti melihat masa lalu dari para leluhur negara Korea Selatan. Mereka bekerja begitu keras sehingga kelak di kemudian hari Joseon menjadi negara penting dan diperhitungkan.

Iklan